RINDU - TERE LIYE ( TOKO BUKU FEBRY JOGJA )

11.31

Kini telah hadir pusat belanja buku baru / bekas online hanya di " TOKO BUKU FEBRY JOGJA. Di sini kami menyediakan harga bersahabat bagi mahasiswa/wi atau pun bagi masyarakat umum. Kami juga melayani borongan untuk pelengkapan Perpustakan, ruang baca, atau pun keperluan lain. Jenis buku kami antara lain buku sosial, politik, sejarah, gender, biografi, antropology budaya, ekonomi akuntansi, hukum, seni, sastra, pariwisata, komputer, kamus, agama & rohani, novel, komik, buku anak, sastra, kesehatan, buku SD, SMP,SMA, dll. Kami juga menyediakan discount pada semua buku 10 - 30 %. 
Untuk contact person hubungi : 
telp/wa/sms : 085229138591 (As)
pin bb          :
7ee2111f
gmail           : 99febry@gmail.com 

web/blog     : 99febry.blogspot.com
facebook/ig : Febry Art of Art
twitter          : 99febryFebry
 ( Febrianto Eko Saputro )



Judul : Rindu
Penulis : Tere Liye
Editor : Andriyati
Penerbit : Republika
Tebal Buku : ii + 544 hal; 13.5x20.5 cm
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2014
Sinopsis Buku:
"Apalah arti memiliki, ketika diri kami sendiri bukanlah milik kami?
Apalah arti kehilangan, ketika kami sebenarnya menemukan banyak saat kehilangan, dan sebaliknya, kehilangan banyak pula saat menemukan?
Apalah arti cinta, ketika menangis terluka atas perasaan yg seharusnya indah? Bagaimana mungkin, kami terduduk patah hati atas sesuatu yg seharusnya suci dan tidak menuntut apa pun?
Wahai, bukankah banyak kerinduan saat kami hendak melupakan? Dan tidak terbilang keinginan melupakan saat kami dalam rindu? Hingga rindu dan melupakan jaraknya setipis benang saja”
Ini adalah kisah tentang masa lalu yang memilukan. Tentang kebencian kepada seseorang yang seharusnya disayangi. Tentang kehilangan kekasih hati. Tentang cinta sejati. Tentang kemunafikan. Lima kisah dalam sebuah perjalanan panjang kerinduan.
Selamat membaca.
***
Sebuah perjalanan panjang ini dimulai ketika sebuah kapal besar bernama Blitar Holland mendarat di Pelabuhan Makassar. Kapal tersebut nantinya akan berhenti dan menaikkan penumpang di Pelabuhan Surabaya, Semarang, Batavia, Lampung, Bengkulu, Padang, Banda Aceh. Kapal itu akan terus melaju hingga Jeddah karena para penumpang kapal tersebut adalah calon jamaah haji.
Satu persatu, tokoh dalam novel ini diperkenalkan. Tersebutlah Daeng Andipati, seorang yang terpandang karena telah berhasil menyelesaikan sekolahnya di Belanda. Ia bersama istri dan kedua anaknya, Elsa dan Ana.
Gurruta atau Ahmad Karaeng pun menjadi tokoh penting dalam novel ini. Ia adalah seorang ulama masyhur. Adapula Kapten Philips, kapten kapal yang akan membawa penumpang menunaikan ibadah haji di Mekah. Serta ada Ambo Uleng, seorang kelasi pendiam yang direkrut oleh Kapten Philips dan menjadi satu-satunya kelasi yang dapat berbahasa Melayu.
Setelah berhenti di beberapa pelabuhan, rupanya kapal Blitar Holland ditumpangi oleh sepasang kakek - nenek yang saling mencintai. Keromantisan pasangan yang tidak lagi muda itu membuat iri seluruh penghuni kapal.
Hari demi hari berlalu. Kisah perjalanan panjang itu mulai terangkai dan pertanyaan-pertanyaan itu satu per satu hadir. Ya, ada lima pertanyaan yang dibawa oleh penumpang dalam kapal Blitar Holland.
Setiap perjalanan selalu disertai pertanyaan-pertanyaan. (hal.222)
***
Penasaran dengan lima pertanyaan yang dibawa oleh penumpang kapal Blitar Holland? Jawabannya ada pada sinopsis buku. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentang:
1. masa lalu yang memilukan.
2. kebencian kepada seseorang yang seharusnya disayangi.
3. kehilangan kekasih hati.
4. cinta sejati.
5. kemunafikan.
Mungkin kelima poin diatas merupakan permasalahan yang sering kita temui dalam kehidupan kita. Jika kamu butuh penjelasan mengenai lima poin di atas, maka novel ini layak kamu baca.
Lima pertanyaan dari lima penumpang kapal diceritakan secara runtut dan mudah dipahami pembaca. Ceritanya mengalir begitu saja. Pun dengan jawaban atas pertanyaan tersebut, mudah diterima.
Cara terbaik menghadapi masa lalu adalah dengan dihadapi. Berdiri gagah. Mulailah dengan damai menerima masa lalumu? Buat apa dilawan? Dilupakan? Itu sudah menjadi bagian hidup kita. Peluk semua kisah itu. Berikan dia tempat terbaik dalam hidupmu. Itulah cara terbaik mengatasinya. (hal 312)
Penggalan paragraf diatas adalah jawaban atas pertanyaan pertama. Lugas dan jelas bukan? Banyak pelajaran hidup dan nilai moral yang dapat kita ambil dari membaca novel ini. Bahkan meski apa yang kita alami tidak sama persis dengan apa yang dialami oleh tokoh dalam cerita, nilai-nilai tersebut tetap baik jika diterapkan dalam kehidupan kita.
"... aku membencinya. Aku membenci ayahku sendiri." (hal. 370)
"Ada orang-orang yang kita benci. Ada pula orang-orang yang kita sukai. Hilir mudik datang dalam kehidupan kita. Tapi apakah kita berhak membenci orang lain? ... Pikirkan dalam-dalam, kenapa kita harus benci? Kenapa? Padahal kita bisa saja mengatur hati kita, bilang saya tidak akan membencinya. Toh itu hati kita sendiri. Kita berkuasa penuh mengatur-aturnya. Kenapa kita tetap memutuskan membenci? Karena boleh jadi, saat kita membenci orang lain, kita sebenarnya sedang membenci diri sendiri." (hal. 373)
Dan bagi kawula muda serta remaja-remaja yang sering mempertanyakan arti cinta sejati, maka novel ini pun hadir memberikan jawabannya.
" Apakah cinta sejati itu? Maka jawabannya, dalam kasus kau ini, cinta sejati adalah melepaskan. Semakin sejati perasaan itu, maka semakin tulus kau melepaskannya. Persis seperti anak kecil yang menghanyutkan botol tertutup di lautan, dilepas dengan rasa suka-cita. Aku tahu, kau akan protes, bagaimana mungkin? Kita bilang itu cinta sejati, tapi kita justru melepaskannya. Tapi inilah rumus terbalik yang tidak pernah dipahami para pencinta. Mereka tidak pernah mau mencoba memahami penjelasannya, tidak bersedia." (hal.492)



novel ini sungguh hebat, ter liye menuliskan tentang arti cinta sejati,,,penasaran kan ...yuk lanjut membaca dan dapat kan buku nya hanya di

 " TOKO BUKU FEBRY JOGJA. Di sini kami menyediakan harga bersahabat bagi mahasiswa/wi atau pun bagi masyarakat umum. Kami juga melayani borongan untuk pelengkapan Perpustakan, ruang baca, atau pun keperluan lain. Jenis buku kami antara lain buku sosial, politik, sejarah, gender, biografi, antropology budaya, ekonomi akuntansi, hukum, seni, sastra, pariwisata, komputer, kamus, agama & rohani, novel, komik, buku anak, sastra, kesehatan, buku SD, SMP,SMA, dll. Kami juga menyediakan discount pada semua buku 10 - 30 %. 
Untuk contact person hubungi : 
telp/wa/sms : 085229138591 (As)
pin bb          :
7ee2111f
gmail           : 99febry@gmail.com 

web/blog     : 99febry.blogspot.com
facebook/ig : Febry Art of Art
twitter          : 99febryFebry
 ( Febrianto Eko Saputro )





You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images