SENI APA itu ??? Michael Hauskeller ( TOKO BUKU FEBRY JOGJA )

03.29

Kini telah hadir pusat belanja buku baru / bekas online hanya di " TOKO BUKU FEBRY JOGJA. Di sini kami menyediakan harga bersahabat bagi mahasiswa/wi atau pun bagi masyarakat umum. Kami juga melayani borongan untuk pelengkapan Perpustakan, ruang baca, atau pun keperluan lain. Jenis buku kami antara lain buku sosial, politik, sejarah, gender, biografi, antropology budaya, ekonomi akuntansi, hukum, seni, sastra, pariwisata, komputer, kamus, agama & rohani, novel, komik, buku anak, sastra, kesehatan, buku SD, SMP,SMA, dll. Kami juga menyediakan discount pada semua buku 10 - 30 %. 
Untuk contact person hubungi : 
telp/wa/sms : 085229138591 (As)
pin bb          :
7ee2111f
gmail           : 99febry@gmail.com 

web/blog     : 99febry.blogspot.com
facebook/ig : Febry Art of Art
twitter          : 99febryFebry
 ( Febrianto Eko Saputro )






Bukti-bukti pertama karya seni manusia suadah muncul 30.000 tahun lalu. Manusia purba waktu itu mulai melukiskan sosok berbagai binatang pada dinding gua-gua. 5.000 tahun lalu mulai dibangun piramida di Mesir. Kemudian karya-karya seni, baik berupa bangunan maupun ukiran dan lukisan, muncul di India, Cina, dibanyak wilayah Asia, di Eropa, di Amerika, di Afrika. Di mana ada manusia, disana ternyata ada seni. Dan meskipun karyaseni dibikin dengan berbagai tujuan, akan tetapi semua dipersatukan oleh kenyataan bahwa dimensi seni adalah keindahan. Manusia yang menciptakan karya seni mau menciptakan karya seni mau menciptakan sesuatu yang indah. 

Berhadapan dengan Seni timbul berbagai pertanyaan. Apa itu indah ? Apa itu Seni ? Apa yang membedakan karya seni dan karya bukan seni ? Atas dasar apa karya seni dinilai indah ? Apa keindahan ada kedekatan dengan kebaikan, dengan kebaikan moral ? Dan sebaliknya, apa seni juga boleh memproduksikan sesuatu yang kelihatan atau kedengaran jelek ?Apakah sesuatu yang dengan sengaja dibuat untuk mengungkapkan kejelekan dapat di sebut seni ?

Pertanyaan-pertanyaan ini, yang bagi awam tidak mudah di jawab,termasuk wilayah estetika, yaitu refleksi filosofi atas pengetahuan indrawi, khususnya dari sudut keindahan. Menelusuri pertanyaan-pertanyaan estetika itu adalah apa yang dilakukan Michael Hauskeller dalam buku kecil ini. Namun bukan Hauskeller sendiri yang mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi, melainkan Hauskeller dengan ringkas, jelas dan mudah dibaca membahas pandangan 16 filosof paling penting yang pernah memikirkan hal seni dan kehidupan, mulai dari Platon sampai dengan Arthur C. Danto. Di antara mereka terdapat pemikir-pemikir kunci seperti Aristoteles, Immanuel Kant, Georg Wilhelm Friedrich Hegel dan Walter Benjamin serta pemikir kritis dan orisinal seperti Karl Rosenkranz, Nelson Goodman dan Jean Francois Lyotard. Kita membaca misalnya bagaimana pengertian Abad Pertengahan dimana sosok-sosok dan kejadian-kejadian di dunia ini dibaca sebagai tanda sandi bagi Yang ilahi - berubah radikal dalam Renaissance: Sekarang sosok-sosok duniawi boleh bicara tentang diri mereka sendiri. 

Buku Michael Hauskeller bukan hanya enak dibaca, melainkan betul-betul memberikan kita pengertian cukup mendalam tentang apa itu estetika. Kita menjadi mengerti betapa kaya sudut pandangnya estetika itu. Sebagai produk samping kita sekaligus mendapat sebuah pengantar bagus, dan mudah dimengerti, ke dalam gaya berpikir16 filosof itu sendiri.


MARI DILANJUT MEMBACA BAGI YANG BERJIWA SENI ATAU PUN ORANG UMUM YANG INGIN MEMPEROLEH KEINDAHAN DENGAN CARA SEDERHANA. DENGAN MEMAHAMI APA SENI ITU ? BUKU INI DITERBITKAN OLEH KANISIUS, DENGAN PENULIS Michael Hauskeller yang diterjemahkan oleh Franz Magnis Suseno, SJ
DAPAT KAN BUKU NYA HANYA di " TOKO BUKU FEBRY JOGJA. Di sini kami menyediakan harga bersahabat bagi mahasiswa/wi atau pun bagi masyarakat umum. Kami juga melayani borongan untuk pelengkapan Perpustakan, ruang baca, atau pun keperluan lain. Jenis buku kami antara lain buku sosial, politik, sejarah, gender, biografi, antropology budaya, ekonomi akuntansi, hukum, seni, sastra, pariwisata, komputer, kamus, agama & rohani, novel, komik, buku anak, sastra, kesehatan, buku SD, SMP,SMA, dll. Kami juga menyediakan discount pada semua buku 10 - 30 %. 
Untuk contact person hubungi : 
telp/wa/sms : 085229138591 (As)
pin bb          :
7ee2111f
gmail           : 99febry@gmail.com 

web/blog     : 99febry.blogspot.com
facebook/ig : Febry Art of Art
twitter          : 99febryFebry
 ( Febrianto Eko Saputro )

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images